Rabu, 11 April 2012

Menyikapi Kenaikan Harga BBM (TULISAN 7)


Beberapa waktu yang lalu pemberitaan tentang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang ramai dibicarakan sempat meresahkan masyarakat Indonesia. Stok BBM di sejumlah SPBU sudah mulai langka, bahkan penimbunan pun mulai marak terjadi.

Jumlah kendaraan bermotor yang makin bertambah, maka kebutuhan akan Bahan Bakar Minyak (BBM) semakin lama semakin meningkat. Karena faktor harga minyak dunia yang terus berubah, maka pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi beban subsidi atas BBM yaitu dengan cara menaikkan harga BBM.
Masyarakat Indonesia menolak atas kebijakan Pemerintah tersebut, sehingga masyarakat melakukan aksi demo BBM untuk menolak kenaikan harga BBM. Hampir di seluruh provinsi masyarakat melakukan aksi demo, mulai dari mahasiswa, tokoh masyarakat sampai rakyat kecil ikut andil dalam membela hak-hak mereka terkait dengan kenaikan harga BBM. Beberapa dari mereka ada pula yang bertindak anarkis.
Seharusnya aksi demo BBM tersebut dapat berlangsung damai sehingga hal tersebut  tidak akan merugikan banyak pihak dan tidak ada korban dari aksi demo yang mereka lakukan.
Pemerintah pun tidak diam dalam menanggapi gejolak di masyarakat dengan adanya kenaikan BBM. Dengan berbagai pertimbangan pemerintah membuat keputusan untuk menunda kenaikan BBM. Hal ini dapat mengurangi gejolak masyarakat.
Kenaikan harga BBM selalu disertai dengan kenaikan harga-harga kebutuhan yang lain, karena BBM merupakan faktor bahan baku yang utama. Sehingga dampak kenaikan harga BBM pasti akan sangat dirasakan oleh masyarakat luas, terutama masyarakat kecil.
Untuk menyikapi kenaikan BBM, kita harus tahu betul alasan dibalik itu, imbas terhadap kenaikan harga tersebut, dan bagaimana pemerintah berusaha tetap menjaga kesejahteraan rakyatnya.
Seharusnya pemerintah memberikan penjelasan tentang kenaikan harga BBM tersebut yang dapat menunjukkan kepada masyarakat awam bahwa apabila harga BBM tidak dinaikan, maka perekonomian kita akan kolaps.  Pemerintah juga harus menunjukkan jaminan bahwa dengan menaikkan harga BBM justru masyarakat dapat lebih sejahtera. Metodenya seperti apa, langkah-langkahnya, hingga pelaksanaannya harus jelas.
Diharapkan untuk kedepannya pemerintah dapat menjadikan kenaikan harga BBM sebagai alternative terakhir untuk menghemat anggaran belanja Negara. Karena dampak yang ditimbulkannya akan sangat luas.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates