Jumat, 12 November 2010

Kepemimpinan

Kata pemimpin sudah sering kita dengar pada masa sekarang ini. bahkan, di dalam dunia anak sering sekali kita mendengar bagaimana seorang anak kecil pun diharapkan sudah dapat menjadi seorang pemimpin, baik dalam lingkungan rumah maupun dalam lingkungan sekolahnya.
Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat selalu membutuhkan adanya seorang pemimpin. Di dalam kehidupan rumah tangga diperlukan adanya pemimpin atau kepala keluarga. Di sebuah Negara ada Presiden untuk memimpin suatu Negara.
Dalam organisasi apapun, kepemimpinan memegang peran yang penting. Bahkan segala sesuatu akan bangkit dan jatuh karena kepemimpinan. Ini semua menunjukkan betapa pentingnya kedudukan pemimpin dalam suatu masyarakat, baik dalam skala yang kecil apalagi skala besar.
Pemimpin dan kepemimpinan merupaka satu kesatuan kata yang tidak dapat dipisahkan secara struktural maupun fungsional. Pemimpin adalah seseoraang yang aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersam-sama. Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.
Tipe tipe kepemimpinan :
§  Tipe Otokratik
Semua ilmuwan yang berusaha memahami segi kepemimpinan otokratik mengatakan bahwa pemimpin yang tergolong otokratik dipandang sebagai karakterik yang negatif. Gaya kepemimpinan yang dipergunakan pemimpin yang otokratik antara lain :
-          Menuntut ketaatan penuh dari para bawahannya,
-          Dalam menegakkan disiplin menunjukkan keakuannya,
-          Bernada keras dalam pemberian perintah atau instruksi,
-          Menggunakan pendekatan punitif dalam hal terjadinya penyimpangan oleh bawahannya.
§  Tipe Paternalistik
Tipe pemimpin paternalistik hanya terdapat di lingkungan masyarakat yang bersifat tradisional. Umumnya di masyarakat agraris. Salah satu ciri utama masyarakat tradisional ialah rasa hormat yang tinggi yang ditujukan oleh para anggota masyarakat kepada orang tua atau sesorang yang dituakan. Pemimpin seperti ini kebapakan, sebagai tauladan atau panutan masyarakat. Biasanya tokoh-tokoh adat, para ulama dan guru. Pemimpin ini sangat mengembangkan sikap kebersamaan.
§  Tipe kharismatik
Memang ada karakteristiknya yang khas yaitu daya tariknya yang sangat memikat sehingga mampu memperoleh pengikut yang jumlahnya kadang-kadang yang sangat besar. Tegasnya seorang pemimpin yang kharismatik adalah seseorang yang dikagumi oleh banyak pengikut meskipun para pengikut tersebut tidak selalu dapat menjelaskan secara konkret mengapa orang tersebut dikagumi.
§  Tipe Laissez Faire
Pemimpin ini berpandangan bahwa umumnya organisasi akan berjalan lancar dengan sendirinya karena para anggota organisasi terdiri dari orang-ornag yang sudah dewasa yang mengetahui apa yang menjadi tujuan organisasi, sasaran-sasaran apa yang ingin dicapai, tugas apa yang harus ditunaikan oleh masing-masing anggota dan pemimpin tidak terlalu sering intervensi.
§  Tipe Demokratik
Pemimpin yang demokratik biasanya memandang perannya selaku koordinator dan integrator dari berbagai unsur dan komponen organisasi. Menyadari bahwa mau tidak mau organisasi harus disusun sedemikian rupa sehingga menggambarkan secara jelas aneka ragam tugas dan kegiatan yang tidak bisa tidak harus dilakukan demi tercapainya tujuan. Melihat kecenderungan adanya pembagian peranan sesuai dengan tingkatnya. Memperlakukan manusia dengan cara yang manusiawi dan menjunjung harkat dan martabat manusia. Seorang pemimpin demokratik disegani bukannya ditakuti.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates