NAMA : PUTRI ARTYANTI
KELAS : 2KA21
NPM : 13109309
SOAL...
- Sebutkan gaya kepemimpinan yang saudara ketahui!
- Sebutkan manfaat dari organisasi informal!
- Sebutkan beberapa jenis bagan struktur organisasi!
- Jelaskan perbedaan dari Tata Kerja, Sistem Kerja dan Prosedur Kerja!
JAWABAN
1. gaya kepemimpinan dapat dikelompokkan menjadi 4 kelompok, yaitu:
a. otokrasi, mempunyai ciri-ciri :
- kebijaksanaan dilakukan oleh pemimpin
- teknik dan langkah di dikte oleh atasan
- pemimpin biasanya mendikte tugas setiap anggotanya
- pemimpin cenderung menjadi pribadi dalam pujian dan kecamannya terhadap setiap anggota.
b. Demokratis, mempunyai ciri-ciri :
- Semuia kebijaksanaan terjadi pada kelompok diskusi dan keputusan diambil dengan dorongan dan bantuan dari pimpinan.
- Kegiatan-kegiatan di diskusikan langkah-langkah umum untuk tujuan kelompok dibuat, dan bila dibutuhkan untuk petunjuk-petunjuk teknis pemimpin mengarahkan dua atau alternative prosedur yang dapat dipilih.
- Para anggota bebas bekerja dengan siapa saja yang mereka pilih dan pembagian tugas ditentukan oleh kelompok.
- Pemimpin adalah obyektif atau “fact minded”.
c. Laissez Faire, mempunyai ciri-ciri :
- Kebebasan penuh bagi keputusan kelompok atau individu dengan partisipasi minimal dari pimpinan.
- Bahan-bahan yang bermacam-macam disediakan oleh pimpinan yang membuat orang selalu siap bila dia akan memberikan informasi pada saat ditanya.
- Sama sekali tidak ada partisipasi dari pimpinan dalam penentuan tugas.
- Kadang-kadang memberi komentar spontan terhadap kegiatan anggota.
2. Manfaat dari organisasi informal, antara lain:
- Sebagai alat komunikasi tambahan
- Sebagai alat pemuas kebutuhan sosial
- Sebagai sarana kegiatan diskusi dan tukar pikiran
- Dapat membantu kegiatan managerial.
3. Jenis bagan struktur organisasi
- Segitiga Vertikal
- Segitiga Horosontal
- Kerucut Vertikal Horisontal
- Lingkaran
- Setengah lingkaran
- Oval
4. Perbedaan dari tata kerja, sistem kerja dan prosedur kerja.
Tata kerja adalah cara pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau bisa mencapai tingkat efisien yang maksimal.
Sistem kerja adalah susunan antara tata kerja dengan prosedur yang menjadi satu sehingga membentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
Prosedur kerja adalah tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu pekerjaan baik mengenai dari mana asalnya dan mau menuju mana, kapan pekerjaan tersebut harus diselesaikan maupun alat apa yang harus digunakan agar pekerjaan tersebut dapat diselesaikan.
0 komentar:
Posting Komentar