Rabu, 01 Desember 2010

TUGAS 4

NAMA             :  PUTRI ARTYANTI
KELAS              :  2KA21
NPM                :  13109309

SOAL...
1.      Jelaskan syarat komunikasi yang baik dan berhasil
2.      Apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi penyimpangan data yang efisiensi dan fleksibel
3.      Sebutkan cara penyusunan paper/warkat yang saudara ketahui
4.      Sebutkan prinsip dalam tata kerja, sistem kerja dan prosedur kerja 

JAWABAN...
1.      Syarat utama untuk dapat berkomunikasi dengan baik hanya satu yakni kerelaan mendengarkan apa yang lawan bicara ucapkan. Tentu saja bukan mendengarkan secara pasif, namun secara aktif. Artinya, anda memberi perhatian misalnya bisa komentar, tanggapan, dan lain lain. Adapun syarat-syarat komunikasi dengan baik yaitu :
·        Usahakan agar kita sendiri mencapai keterangan yang lengkap
·        Usahakan agar terdapat adanya kepercayaan pada kedua belah pihak
·        Usahakan untuk mencapai dasar pengalaman yang sama
·        Gunakanlah kata-kata yang dikenal oleh masing-masing pihak
·        Usahakanlah agar perhatian pihak yang menerima intruksi tetap ada
·        Perhatikan hubungan-hubungan
·        Gunakanlah contoh-contoh dan alat-alat visual
·        Praktekanlah penangguhan reaksi
2.      Ada beberapa cara untuk mengatasi penyimpangan data yang efisiensi dan fleksibel
a.      Sanksi yang tegas
Apa itu sanksi? Sanksi yaitu persetujuan atau penolakan terhadap perilaku tertentu. Persetujuan adalah sanksi positif, sedangkan penolakan adalah sanksi negatif yang mencakup pemilihan keadaan, pemenuhan keadaan dan hukuman. Sanksi diperlukan untuk menjamin tercapainya tujuan dan dipatuhinya norma-norma. Pada pelaku penyimpangan sudah selayaknya mendapatkan sanksi yang tegas, yang berupa hukuman yang tegas sesuai dengan undang-undang yang berlaku demi pemulihan keadaan masyarakat untuk tertib dan teratur kembali.
b.      Penyuluhan-penyuluhan
Melalui jalur penyuluhan, penataran ataupun diskusi-diskusi dapat disampaikan kepada masyarakat penyadaran kembali pelaksanaan nilai, yang berlaku yang telah dilanggarnya, harus melalui penyuluhan secara terus-menerus dan berkesinambungan. Terlebih-lebih pada pelaku tindak kejahatan/kriminal. Peran lembaga-lembaga agama, kepolisian, pengadilan, Lembaga Permasyarakatan (LP) sangat diharapkan untuk mengadakan penyuluhan-penyuluhan tersebut.
3.      Cara penyusunan paper/warkat :
-          Sistem penyusunan menurut abjad
-          Sistem penyusunan menurut subyek
-          Sistem penyusunan menurut nomor
-          Sistem penyusunan menurut daerah
-          Sistem penyusunan menurut waktu
4.      prinsip dalam tata kerja, sistem kerja dan prosedur kerja
-          tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja harus disusun dengan memperhatikan segi-segi tujuan, fasilitas, peralatan, material, biaya, dan waktu yang tersedia serta segi luas, macam, dan sifat dari tugas atau pekerjaan.
-          Untuk mempersiapkan hal-hal itu dengan setepat-tepatnya maka haruslah terlebih dahulu dipersiapkan adanya penjelasan tentang tujuan pokok organisasi, skema, klasifikasi jabatan, analisa jabatan, unsur kegiatan organisasidan semacamnya.
-          Pilih salah satu pokok bidang tugas yang akan dibuat bagan prosedurnya. Selanjutnya harus dibuat dan dijelaskan daftar dari tiap-tiap detail pekerjaan yang harus dilakukan berikut lamanya waktu yang diperlukan untuk melaksanakan bidang tugas yang termaksud.
-          Dalam penetapan tahap demi tahap dalam rangkaian pekerjaan maka antara tahap yang satu dengan tahap berikutnya harus betul-betul terdapat saling hubungan yang sangat erat yang keseluruhannya menuju ke arah satu tujuan.
-          Dan tiap-tiap tahap itu harus betul-betul merupakan suatu kerja yang nyata dan perlu untuk pelaksanaan dan penyelesaian seluruh tugas atau pekerjaan yang dimaksud.
-          Harus ditetapkan pula skill atau kecakapan dan keterampilan tenaga kerja yang diperlukan untuk penyelesaian bidang tugas termaksud. Jadi ini dimaksud untuk tidak memperpanjang prosedur kerja.
-          Tata kerja, procedur kerja dan sistem kerja itu harus disusun sedemikian rupa sehingga memiliki stabilitas dan fleksibilitas.
-          Perlu diperlihatkan bahwa penyusunan system, prosedur dan tata kerja harus selalu disesuaikan dengan kemajuan jaman dan teknologi, jadi harus dijaga updateednessnya.
-          Untuk penggambaran tentang penerapan sesuatu prosedur tertentu sebaiknya dipergunakan tanda-tanda atau simbol dan skema atau bagan prosedur dengan setepat-tepatnya.
-          Untuk menjamin tata kerja, prosedur kerja, dan system kerja yang setepat-tepatnya, maka adanya buku-buku pedoman (manuals) tentang hal-hal itu mutlak perlu dipersiapkan.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates