Sabtu, 09 April 2011

DAMPAK KENAIKAN HARGA BAGI PEMERINTAH

Pemerintah adalah sekumpulan orang-orang yang mengelola kewenangan-kewenangan, melaksanakan kepemimpinan dan koordinasi pemerintahan serta pembangunan masyarakat dari lembaga-lembaga dimana mereka ditempatkan. Pemerintah merupakan organisasi atau wadah yang mempunyai kekuasaan dan lembaga yang mengurus kenegaraan dan kesejahteraan rakyat dan negara.

Masalah yang terus mendapat perhatian dari pemerintah adalah masalah inflasi (kenaikan harga). Mendengar kata kenaikan harga, jelas hal yang pertama kali masyarakat akan ingat adalah pemerintah. Naik turunnya harga ditetapkan pleh pemerintah. Oleh sebab itu setiap kali timbul ketidakpuasan masyarakat terhadap kenaikan harga, masyarakat akan berbondong-bondong menggelar aksi semacam demostrasi di depan gedung DPR yang dianggap sebagai penyalur aspirasi terhadap pemerintah.
Kenaikan harga biasanya tejadi pada saat perekonomian berkembang dengan pesat. Awalnya kesempatan kerja yang tinggi menciptakan pendapat tinggi yang selanjutnya menimbulkan pengeluaran yang melebihi kemampuan ekonomi mengeluarkan barang dan jasa. Pengeluaran ini dapat menimbulkan inflasi.
Ada kalanya tingkat inflasi meningkat tiba-tiba atau wujud akibat suatu peristiwa yang berlaku di luar ekspentasi pemerintah. Misalnya efek pengurangan nilai uang yang sangat besar atau ketidakstabilan politik. Menghadapi masalah inflasi yang bertambah cepat ini pemerintah akan menyusun langkah-langkah yang bertujuan untuk mengatasi masalah inflasi yang bertambah cepat tingkatnya. Contohnya seperti pemerintah terpaksa mencetak uang atau meminjam dari bank sentral.
Secara umum, inflasi dapat mengakibatkan berkurangnya investasi di suatu negara, mendorong kenaikan suku bunga, mendorong penanaman modal yang bersifat spekulatif, kegagalan pelaksanaan pembangunan, ketidakstabilan ekonomi, defisit neraca pembayaran, dan merosotnya tingkat kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.
Kebijakan menaikan harga yang diambil Pemerintah tidak lepas dari pro dan kontra. Pro dan kontra yang muncul tersebut membuat pemerintah akan sangat berhati-hati dalam hal ini, karena terkadang ketidakpuasan masyarakat yang terus menerus akan membuat hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, lebih jauh lagi tidak jarang masyarakat meminta agar presiden turun (dalam arti melepas jabatan). Jadi bukan hanya masyarakat dan para produsen saja yang mendapat dampak positif maupun negative dari kenaikan harga, tapi juga pemerintah yang notabene memutuskan akan menaikkan harga.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates