Sabtu, 16 April 2011

DAMPAK PENDAPATAN NASIONAL BAGI LUAR NEGERI

Pendapatan nasional mempunyai peran penting dalam kelangsungan hidup suatu negara serta kestabilan perekonomian satu negara dengan negara lainnya, karena pendapatan nasional menjadi tolak ukur seberapa jauh negara tersebut telah berkembang dari waktu ke waktu. Dengan pendapatan nasional maka akan terlihat tingkat kemakmuran suatu Negara. Semakin tinggi pendapatan nasional suatu negara makan dapat dikatakan semakin tinggi juga tingkat kesejahteraan rakyatnya. Walaupun pendapatan nasional suatu negara tidak dapat sepenuhnya dijadikan indikator naiknya tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara. 
Jika kita berbicara mengenai perekonomian negara Indonesia saat ini, mungkin masalah ekonomi telah menjadi masalah yang paling rumit di Indonesia karena pasti sangat sulit untuk menemukan jalan keluar  untuk menyelesaikan masalah yang satu ini. Pemerintah terdiri dari presiden, menteri dan staf-stafnya seringkali dituding sebagai pihak yang paling bersalah atas ketidakmampuan Indonesia menangani masalah perekonomian, namun nyatanya setelah beberapa periode pergantian “pemimpin” mesalah ekonomi tetap saja tidak dapt diperbaiki, bahkan bisa dikatakan semakin parah.  
Banyak kalangan yang mengatakan bahwa kondisi utang Indonesia sudah berada pada tahap krisis dan sudah sangat mengkhawatirkan sehingga mereka menghimbau kepada pemerintah agar tidak lagi melakukan peminjaman dana keluar negeri.  Kegagalan Indonesia di masa lalu dalam mengelola utang telah menyebabkan sebagian masyarakat alergi terhadap utang luar negeri dan menganggap sebagai beban yang harus dibayar mahal. Besarnya utang luar negeri saat ini menimbulkan pro kontra di kalangan masyarakat luas. Adanya utang yang sangat besar tersebut merupakan suatu ancaman terhadap stabilitas ekonomi dan kemandirian bangsa Indonesia jika tidak dikelola dengan baik.
Pendapatan nasional/negara bagi luar negeri mempunyai dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif dari pendapatan nasioanal bagi luar negeri adalah dapat meningkatkan kerja sama dengan negara lain, tumbuhnya rasa persaudaraan dengan negara lain sehingga memiliki hubungan yang baik dengan negara lain, meningkatkan derajat negara dimata negara lain. Sedangkan dampak negatif dari pendapatan nasional bagi luar negeri adalah masuknya kebudayaan asing secara bebas di negara kita sehingga kebudayaan negara sendiri mulai tergeser, kerja sama dengan negara lain membuat jarak temu untuk melakukan transaksi sehingga dapat menimbulkan kecurigaan dan ketidakpercayaan.
Data pendapatan nasional dapat digunakan untuk menggolongkan suatu negara menjadi negara industri, pertanian, atau negara jasa, menggolongkan Indonesia sebagai negara pertanian atau agraris membuat hasil bumi Indonesia cukup dikenal berlimpah oleh negara luar. Ini memberikan dampak positif yaitu banyaknya Negara luar yang mengimport barang dari Indonesia, mengingat pentingnya kenaikan tingkat eksport untuk mengukur pendapatan nasional tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi Indonesia.
Untuk itu mari kita melakukan hubungan baik dengan negara lain dengan mengadakan kerja sama dalam bidang ekonomi, sosial, politik dan lainnya untuk meningkatkan pendapatan nasional.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates